Wednesday, May 15, 2013

Referensi Perekaman Video - #MusicianUnited


Di video Musician United gw sering temuin beberapa video yang agak beda. Kenapa beda? Well, kalo diperhatiin kan ada beberapa video yang pecah atau patah-patah padahal nggak lagi goyang dangdut. Sebenernya sih sah-sah aja. Cuma, mungkin beberapa saran gw di bawah ini bisa jadi referensi biar video yang lo submit bisa lebih ciamik adanya.


1. Gunakan alat yang mumpuni.

Beberapa submisi direkam dengan menggunakan tools yang punya pixelrate rendah. Ini yang bisa membuat gambar yang dihasilkan akan jadi pecah ketika di-compile dengan video submisi yang lebih gede akan membuat gambar jadi pecah karena harus di-resize sesuai dengan ukuran dimensi video akhir. Untuk mengatasi hal ini, hindari penggunaan kamera berkualitas VGA. Gunakan kamera dengan kualitas minimal 3MP. Kalau emang nggak punya alat dengan kualitas kamera segede itu, coba cari pinjemin. 
Beberapa alat yang bisa digunakan adalah handphone, camcorder, kamera dslr dengan kemampuan merekam video. Beberapa tipe handphone yang bisa dipake adalah iPhone 4, Samsung Galaxytab/Note/S3 serta beberapa tipe/merk smartphone yang punya pixelrate cukup baik.

2. Perhatikan posisi alat
Beberapa video yang disubmit juga ternyata berada dalam posisi vertikal. Ini juga menyulitkan ketika hendak dicompile dengan video yang lain. Biasanya video vertikal ini diambil dengan menggunakan handphone. 
Perlu diketahui bahwa posisi/cara memegang hp ketika merekam video berpengaruh pada hasil video itu sendiri. Untuk itu, selalu posisikan hp dengan posisi horizontal/tidur. Ini akan menghasilkan video dengan format horizontal. Sehingga jika dicompile dengan video submisi lainnya akan lebih sempurna.

3. pencahayaan
Salah satu faktor penting dalam recording video adalah pencahayaan. Usahakan cahaya yang tersedia cukup terang dan berwarna putih. Hindari pencahayaan berwarna kuning. Karena ini akan menghasilkan distorsi warna yang kurang baik. Untuk itu, usahakan untuk melakukan recording video di luar ruangan pada saat cahaya matahari masih tersedia. 
Jika memang tidak memungkinkan, bisa menggunakan cahaya buatan. Jika tidak bisa mendapatkan lampu sorot yang memadai, coba cari posisi di dekat sumber cahaya buatan. Tapi usahakan posisi badan tidak berada tepat di bawah sumber cahaya tersebut untuk menghindari bayangan hitam di wajah.

4. komposisi
Komposisi gambar sering tidak diperhatikan dalam proses recording video. Usahakan posisi badan tidak terlalu berada di tengah frame. Ambil posisi agak ke pinggir frame. Tapi juga jangan terlalu ke pinggir. 
Cobalah membuat pembagian imajiner dari frame. Bagilah frame menjadi 4 bagian. Kemudian posisikan badan di bagian ke dua dari salah satu sisi frame. Ini akan membuat posisi badan tidak terlalu berada di tengah gambar.

Demikian kiranya saran-saran dari gw. Semoga berguna buat elo semua yang mau ikutan MusicianUnited. Selamat berkarya!
Post a Comment