Monday, September 2, 2013

#MusicianUnited5 KICKSTART!!

*naik podium* *ketok-ketok mic* *uhuk-uhuk*

ALOHA! *senyum sekeliling*

Terima Kasih untuk semangat teman-teman selama ini yang udah semangat buat kirim submisi sampai tema ke 4.  Sampai juga kita di #MusicianUnited5.  Nggak bosen-bosen, kita ngajak kamu.. kamu.. kamu untuk ikutan kirim submisi kali ini.

Kita bakal bawain Medley Rayuan Pulau Kelapa dan Genjer-Genjer dengan cara yang berbeda.

Kenapa Rayuan Pulau Kelapa dibawakan dengan nada minor, Hanya sekedar pengingat buat teman2 fakta bahwa belom semua sodara kita di Indonesia memiliki kekayaan yang cukup untuk kehidupan yang layak. Kerja elo belom selesai.. makanya jangan sampe kisah Indonesia itu melulu kisah yang minor :)

Kenapa Genjer-genjer? Karena dimomen 30SPKI dan atau Hari Kesaktian Pancasila,kita ingin mengingatkan pada temen2 Indonesia bagaimana politik bisa memecah belah bangsa ini bahkan dengan tega menghilangkan nyawa saudara sebangsanya hanya demi tujuan politis yang kerdil.



Kita juga menyayangkan fakta bahwa dengan kejadian itu ada kekayaan Nasional kita yang seolah2 memiliki sejarah hitam dan diidentikan dengan politik dengan lekat yaitu lagu Genjer-genjer. Maka, kita ingin kembali memperkenalkan lagu Genjer-Genjer yang ASLI, yang diciptakan Muhammad Arief sebagai lagu rakyat bukan lagu propaganda yang mengasosiasikan sebagai “Lagu PKI”. Namun alangkah baiknya buat kamu.. kamu.. kamu yang dibawah 21 tahun untuk IZIN orang tua jika mau ikutan kirim submisi ini! ^^. Karena masih banyak pihak2 atau ormas2 norak yang sedikit sensi sama masalah ini, (iya gw tau mereka goblok.. tapi terus terang gw gak bisa jamin kenyamanan dan keamanan semua peserta submisi Musician United kali ini)

Sedikit kilas sejarah, Genjer-genjer diciptakan oleh M.Arif, berisi sindiran kepada Jepang atas kondisi rakyat Indonesia yang semakin susah, sampai tanaman genjer (tanaman sejenis hama) terpaksa dijual dan dimakan. Benar pada masa PKI digunakan sebagai lagu propaganda. Walaupun demikian tidak mengubah isi aslinya: menceritakan tentang kemiskinan rakyat Indonesia. Tidak ada larangan terhadap lagu Genjer-genjer. Larangan sudah dicabut sejak orde baru berakhir tahun 1998.

Tujuan utama dimuatnya lagu Genjer-genjer itu adalah untuk mengembalikan seni musik pada khittahnya, bukan sebagai alat politisasi yang hanya dimiliki oleh sebagian golongan aja.

Kalau nggak boleh? Jangan khawatir! Kita tantang kamu untuk ikutan kirim submisi Rayuan Pulau Kelapa yang kali ini akan bermain di Minor - Mayor - Overtune - Pelog . yang bisa submisi kedua lagunya. BISA JUGA!  Mau ajak sanak saudara, teman, tetangga, ibu guru, bos, sopir, tukang bajaj ikutan? Boleeeeh!!! Biar nggak bingung download dulu guidenya DISINI.  dan Chord dan score nya ada disini.

buat yg susah download dari GDRIVE.. ini ada link dari 4shared disini.

Nah ada sedikit hal yang harus disimak:

1.       Untuk submisi kita akan minta 2 file : AUDIO & VIDEO. Kalau kamu bisa, sync sendiri AUDIO & VIDEO itu lebih bagus lagi ^^

2.       AUDIO.
-          Rekam diri kamu saat maen instrument sambil playing along with the guide track. Kalau mau kasih 2 track nggak masalah asal dipisah rekamnya. Kan nggak mungkin kamu  main pianika sambil nyanyi. Ini juga berlaku jika kamu nge-jam bareng temen. (sekali-kali berpisah juga gapapalah)
-          Pastikan suasana sekitarmu saat rekam itu cukup tenang, tidak ada suara bengkel, abang bakso atau tukang roti dan eskrim serta mbok jamu. Kalau udah professional & mic yang proper ya langsung aja sekali rekam!

3.       VIDEO.
-          Rekam video terbaik kamu baik indoor dan outdoor dengan Cahaya Memadai, resolusi yang oke (boleh diliat disini buat referensi). Saran kita, coba deh outdoor karena sinar  matahari itu cahaya yang bagus.
-          Rekam video secara horizontal/mendatar/tidur  (yapokoknyagitu)
-          Harus punya PD yang tebel setebal Bedak Syahrini! Bisa sambil joged atau salto atau pake kostum planetarium? Bisaaaa…….
-          Tidak membawa/mengandung SARA, senjata tajam, minum minuman keras, merokok, perbuatan asusila dan semacamnya.

4.       Kirim 2 file tadi ke soundofyogi@gmail.com . Saran kita pake www.wetransfer.com dan/atau sharing lewat GDrive.

5.       Walaupun cuma wacana yang penting terlaksana, Please banget JANGAN TELAT. Karena nggak cuma cewek yang pusing, cowok jg pusing kalo ceweknya telat.  APE LO?
Nah ditunggu ya submisinya sebelum tanggal 25 September

6. TAMBAHAN:
                 - Suara 2 3 dan 4 itu optional... gw lebih ngarepin kalian para vokalis untuk ngutamain submit suara 1                    aja dulu.. karena biar gimana gw pengen tetep lebih dominan suara 1.
                 - Minta backing vocal "Aaaaaaa" pas solo instrumen dong... keren kan tuh
                 - Remember buat lagu genjer2 tolong tambahin suara instrumen tangga nada pelog, berulang2                              monoton ya..


PS: Kalo mau cara gampangnya... karena ragu2.. boleh kok pake alat ini: EASY SUBMIT #MUSICIANUNITED

PS: Ini yang nulis @semangkasegar ye.. bukan gw...  gw cuma ngedit... 
Post a Comment